Minggu, 07 Oktober 2012
Aplikasi Medan Magnet dan Medan Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

KATA PENGANTAR


Assalamualaikum Wr Wb
     Segala puji dan syukur  kami haturkan kehadirat Allah SWT karena atas berkah dan rahmat-Nya, kami telah menyelesaikan Tugas makalah Fisika tentang aplikasi medan magnet dan medan listrik dalam kehidupan sehari-hari.Bersama dengan ini, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada ibu anita ekawati S.Pd yang telah membimbing dan memberikan tugas ini.
     Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan makalah ini masih banyak kekurangannya,sesuai pepatah, tak ada gading yang retak. Oleh karena itu, segala kritik dan saran sangat diharapkan agar pada penyusunan berikutnya dapat lebih baik dan semoga dengan makalah inibisa dipergunakan sebaik-baiknya.
Wassalamualaikum Wr Wb

Lahat, 7 oktober 2012
Penyusun



BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

          Saat ini kemajuan teknologi terus meningkat termasuk dalam penggunaan medan magnet dan listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya, listrik statis dan medan magnet selalu ada disekitar kita. Salah satu contohnya adalah pengaplikasian medan magnet pada pengeras suara dan pengaplikasian listrik statis dalam transportasi kereta listrik.
          Banyak manusia yang tidak sadar bahwa medan magnet banyak yang digunakan untuk peralatan elektronik pada saat ini. Peralatan elektronik yang mereka gunakan berasal dari pemanfaatan medan magnet. Salah satu contohnya adalah kulkas. Pintu kulkas dapat merapat karena adanya magnet di sekitar pintu kulkas. 

          Medan magnet merupakan ruang disekitar magnet dimana magnet lain atau benda lain yang mudah dipengaruhi magnet akan mengalami gaya magnetik jika diletakan dalam ruang tersebut Kangenan (2012).
         Oleh karena itu, disini kita akan mempelajari tentang medan magnetik dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

 BAB II
Pembahasan

2.1 Medan Magnet
   
      Medan magnet dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik  yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. Sebuah medan magnet adalah medan vektor: yaitu berhubungan dengan setiap titik dalam ruang vektor yang dapat berubah menurut waktu. Arah dari medan ini adalah seimbang dengan arah jarum kompas yang diletakkan di dalam medan tersebut.

       Dalam kehidupan sehari-hari gaya magnet digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengambil benda-benda dari logam, penunjuk arah, mengubah energi listrik menjadi energi bunyi, menghasilkan listrik, menggantikan roda pada kereta api maglev, dan merapatkan dua benda.

       Dalam kehidupan sehari-hari magnet banyak dipergunakan dalam kehidupan manusia untuk mempermudah kemudian manusia. dan diantaranya yaitu

1. Mengambil Benda-Benda dari Logam

Masih ingatkah kamu benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet? Benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet adalah bahan yang terbuat dari logam seperti besi, baja, dan nikel. Dengan adanya sifat itu, magnet digunakan pada beberapa peralatan untuk mempermudah mengambil benda dari logam. Peralatan tersebut antara lain gunting, obeng, tang, dan alai pengangkut besi tua.
Tahukah kamu bahwa beberapa gunting, obeng, dan tang memiliki magnet pada bagian ujungnya? Ujung-ujung gunting dibuat bermagnet agar mudah mengambil dan mencari jarum. Ujung obeng dibuat bermagnet agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obeng sehingga mudah memasangnya.
Alat pengangkut besi tua menggunakan elektromagnet yang dialiri arus listrik kuat untuk mengangkut besi tua. Besi tua akan menempel pada alas pengangkut selama arus listrik terns mengalir. Bila arus listrik dimatikan, besi tua akan berjatuhan.
Alat tersebut juga berfungsi memisahkan besi dan baja tua dengan benda-benda lain yang bukan logam. Besi dan baja tua yang telah ‘an akan dilebur untuk dibentuk menjadi besi clan baja yang bars.

2. Penunjuk Arah

Magnet dapat digunakan untuk menunjukkan arah karena kutub-kutub magnet selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Alat yang memanfaatkan sifat magnet tersebut adalah kompas. Kompas adalah alat penunjuk arah mata angin. Di dalam kompas terdapat magnet berbentuk jarum yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga dapat digunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas digunakan oleh pelaut, pendaki gunung, dan pilot untuk membantu menunjukkan jalan.

3. Membantu dalam Perubahan Energi

Coba kamu perhatikan beberapa peralatan listrik seperti televisi dan radio. Apakah kamu bisa melihat magnet pada peralatan tersebut? Meskipun tidak terlihat, beberapa peralatan tersebut menggunakan magnet pada bagian pengeras suara (speaker). Fungsi magnet pada speaker adalah mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.

4. Menghasilkan Listrik

Magnet dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar dan kecil. Salah satu alat yang menggunakan magnet untuk menghasilkan listrik adalah dinamo sepeda.
Pada dinamo sepeda, magnet menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakan untuk menyalakan lampu sepeda.

5. Merapatkan Dua Benda

Coba perhatikan pintu lemari es. Mengapa pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat? Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.
Beberapa benda lain yang menggunakan magnet adalah kotak pensil dan tas. Magnet dapat menjaga kotak pensil dan tas menutup dengan rapat sehingga berbagai benda di dalamnya tidak mudah jatuh.
Beberapa pintu menggunakan magnet agar pintu tidak mudah menutup jika tertiup angin. Magnet tersebut diletakkan di balik pintu dengan besi atau baja menempel pada belakang pintu.

6. Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev

Kereta api jenis maglev adalah kereta api modern yang bergerak tidak menggunakan roda tetapi menggunakan magnet. Kereta api maglev bergerak melayang di atas rel yang terbuat dari magnet. Oleh karena itu kereta api ini disebut maglev, singkatan dari magnetic levitation yang artinya mengapung di atas magnet

2.2 Listrik statis

Listrik  adalah salah satu bentuk energi, pembahasan listrik dikelompokan menjadi dua terdiri dari listrik statis dan listrik dinamis. Dalam listrik statis disebut juga elektrostatis yang dipelajari adalah muatan, hukum Coulomb, medan listrik dan potensial listrik. Listrik dinamis disebut juga electrodynamics yang mempelajari muatan listrik bergerak misalnya arus listrik serta rangkaian listrik. 




Sifat sifat muatan listrik
Muatan listrik terdiri dari dua jenis yaitu jenis positif(+) serta jenis negatif(-). Kedua muatan bila berdekatan memiliki sifat untuk muatan sejenis akan tolak menolak misalnya positif berdekatan dengan positif atau negatif berdekatan dengan negatif. Untuk muatan yang berlawanan jenis bila berdekatan akan saling tarik menarik yaitu apabila muatan positif berdekatan dengan muatan negatif.
Penggolongan muatan listrik menjadi dua jenis yaitu muatan positif dan negatif diusulkan pertama kali oleh Benjamin Franklin.

Penyebab timbulnya muatan listrik
Setiap unsur terdiri dari kumpulan partikel-partikel yang dinamakan atom, atom terdiri dari inti yang  jumlah muatan positif dan negatif yang sama banyak atom yang bemuatan positif adalah yang kekuarangan elektron sedangkan atom negatif adalah yang kelebihan elektron. Elektron bisa pindah dari benda satu ke benda lain dengan cara digosok-gosokan contoh misalnya
  • Bila sisir plastik digosok rambut maka sisir akan bermuatan negatif, karena muatan negatif dari rambut manusia akan mengalir pindah ke sisir plastik sehingga plastik kelebihan elektron maka plastik bermuatan listrik negatif. Sebagai indikasi sisir plastik yang sudah bermuatan bisa menarik potongan kertas yang kecil.
  • Bila batang kaca atau gelas digosok oleh sutera maka elektron akan mengalir pindah dari batang kaca atau gelas ke sutera maka batang kaca atau gelas kekurangan elektron maka batang kaca atau gelas menjadi bermuatan positif.
Alat untuk mendeteksi ada atau tidak adanya muatan pada suatu benda adalah elektroskope
Gejala elektrostatis atau listrik statis dalam kehidupan sehari-hari yaitu

1.Petir
Sebelum hujan badai awan dalam kondisi netral, jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Ketika hujan badai terjadi gesekan antara partikel-partikel awan dengan udara sehingga menyebabkan awan bermuatan listrik. Apabila awan melewati gedung yang tinggi, muatan negatif di dasar awan akan menginduksi bangunan gedung hingga muatan positif bergerak ke atas terkumpul di puncak gedung. Adapun, muatan negatif ditolak ke dasar gedung. Perbedaan jenis muatan antara awan dengan puncak gedung menyebabkan medan listrik. Apabila muatan pada awan bertambah, gaya elektrostatis akan memaksa muatan negatif meloncat secara tibatiba dari dasar awan ke puncak gedung yang disertai dengan bunga api listrik. Apabila hal itu terjadi, maka dikatakan gedung tersambar petir. Pelepasan muatan listrik secara tiba-tiba menghasilkan bunga api listrik yang disebut petir. Loncatan muatan melalui udara menghasilkan cahaya sangat kuat dan panas yang menyebabkan udara memuai mendadak. Pemuaian udara yang mendadak menghasilkan bunyi ledakan menggelegar yang disebut guntur.  

2. mesin foto copy.
Tinta(toner)foto copy adalah berbentuk serbuk kertas yang akan jadi copy dokumen dilewatkan pada pemberi muatan dengan muatan yang berlawanan dengan toner pemberian muatan sesuai dengan dokumen maka toner akan menempel pada kertas karena akibat gaya tarik elektrostatis.

3. Permukaan layar vertikal televisi sangat berdebu
Penempelan debu pada layar vertikal karena gaya tarik elektrostatis. Permukaan layar televisi secara terus menerus ditembaki oleh elektron-elektron  akibatnya layar televisi bermuatan negatif. Muatan negatif ini akan mempolarisasi partikel-partikel debu dalam udara di depan kaca sehingga partikel-partikel debu akan menempel pada kaca layar televisi.


BAB III
Penutup


3.1 kesimpulan
 Medan magnet dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik  yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. Yang dalam kehidupan sehari-hari banyak dipergunakan manusia untuk mempermudah kehidupan antara lain untuk Mengambil Benda-Benda dari Logam, Penunjuk Arah, Membantu dalam Perubahan Energi, Menghasilkan Listrik, Merapatkan Dua Benda, Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev, dan lain-lain. Listrik adalah salah satu bentuk energi, pembahasan listrik dikelompokan menjadi dua terdiri dari listrik statis dan listrik dinamis. Dan dalam listrik statis pun banyak digunakan di kehidupan sehari-hari contohnya petir, mesin foto copy, permukaan layar vertikal televisi sangat berdebu dan lain-lain


0 komentar:

Poskan Komentar

Time. . .

About Me

Foto Saya
suci permata sari
i'm 17 years old unpredictable | childish | low profile :)
Lihat profil lengkapku

Search Blog

Memuat...
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Fish